Apa Itu Fastboot? Inilah Penyebab dan Solusi Mengatasinya

waktu baca 3 menit
Rabu, 24 Apr 2024 10:27 0 72 Courtney Coleman

apa itu fastboot kerap membuat penasaran saat mendadak mengalami masalah handphone yang menyebalkan ini. Kebanyakan orang mengira bahwa gadgetnya mengalami kerusakan, padahal sesungguhnya sistem ini sangat bermanfaat.

Apa Itu Fastboot dan Fungsinya?

Saat menemukan mode ini muncul pada layar ketikan handphone yang biasa Anda pakai. Pasti akan bertanya-tanya, apakah fastboot berbahaya atau tidak. Apalagi kalau yang terkena adalah perangkat yang mendukung pekerjaan sehari-hari.

Banyak yang menganggap mode ini cukup mengganggu, namun sesungguhnya mempunyai beberapa fungsi penting berikut ini:

  • Biasanya handphone dikunci bootloader untuk melindungi dari serangan virus dan malware, Anda dapat membuka kuncinya tersebut via fastboot ini.
  • Fungsi berikutnya yang tidak kalah penting adalah menghilangkan data via komponen tertentu.
  • Sangat membantu ketika Anda ingin memasang ulang sistem pada handphone tersebut.
  • Mode ini juga berfungsi untuk memperbaharui firmware, yaitu perangkat lunak yang diinstal pada handphone. Misalnya pada speaker, layar Google Nest atau Google Home yang sering Anda gunakan.
  • Terakhir, Anda juga dapat memanfaatkannya saat ingin memperbaiki masalah pada handphone dengan recovery.

Mengingat betapa pentingnya fungsi yang dapat Anda peroleh dari mode fastboot ini, tidak ada slahnya untuk mencobanya. Terutama saat menghadapi kendala merepotkan yang berkaitan dengan handphone kesayangan Anda.

3 Hal yang Menyebabkan Fastboot

Apa-Itu-Fastboot

Mode ini memang dapat mendadak muncul tanpa sengaja, sehingga membuat pengguna panik. Setelah mempelajari apa itu fastboot tersebut sekarang saatnya mempelajari apa saja faktor yang memicunya.

Terdapat banyak hal yang mengakibatkan kemunculan mode ini secara tiba-tiba, umumnya adalah sebagai berikut:

  • Tanpa sengaja Anda menekan tombol volume bagian bawah saat baru saja menghidupkan handphone.
  • Muncul kendala saat melakukan isi daya handphone, misalnya menggunakan charger yang tidak kompatibel atau daya listrik yang masuk tidak stabil.
  • Sistem mengalami kendala, misalnya terdapat firmware yang membuat booting tersendat dan gagal.

 2 Tips Mengatasi Mode Fastboot

Meskipun bermanfaat, namun terkadang mode ini sangat merepotkan, apalagi ketika handphone sedang dibutuhkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dapat mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Memanfaatkan Tombol Power

 Siapa sangka bahwa cara mengatasi fastboot ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan tombol power. Step demi stepnya tidak merepotkan dan membutuhkan waktu yang lama, seperti berikut ini:

  • Pertama Anda harus menekan tombol power selama kisaran 8-10 detik lamanya.
  • Biasanya handphone akan mati setelah tertekan beberapa saat.
  • Lanjutkan dengan menyalakan handphone sampai berhasil hidup kembali.
  1. Memanfaatkan Kombinasi Tombol Power dan Volume Bawah

Cara menghilangkan fastboot berikutnya yang dapat Anda coba adalah memanfaatkan tombol power dan volume bawah. Caranya adalah dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersama-sama dengan rincian sebagai berikut:

  • Anda dapat menekan kedua tombol tersebut secara bersama-sama saat mengalami kondisi ini.
  • Setelah itu Anda dapat menunggunya sampai handphone restart sampai kembali ke mode normal.

Namun apabila Anda coba berulang kali tidak berhasil, artinya Anda harus menggunakan cara yang lain untuk mengatasinya. Memang tidak semua perangkat menggunakan metode yang sama, ada juga yang mengatasinya dengan menekan tombol volume atas dan bawah bersamaan.

2 langkah tersebut dapat Anda lakukan sebagai cara keluar dari fastboot. Jika Anda menggunakan handphone model lama, cara untuk fastbootnya lebih praktis, Anda dapat melepaskan baterai beberapa saat dan memasangnya kembali.

Semoga beberapa hal mengenai apa itu fastboot tersebut dapat menambah pengetahuan Anda. Dengan demikian tidak akan panik saat menghadapinya dan mampu mendapatkan solusinya dengan cepat dan tidak ribet.

Kesimpulan

Fastboot adalah mode khusus pada perangkat Android yang memiliki berbagai fungsi penting, seperti membuka kunci bootloader, menghapus data, memasang ulang sistem operasi, memperbarui firmware, dan memperbaiki masalah perangkat. Meskipun bisa terlihat mengganggu ketika muncul secara tiba-tiba, fastboot sebenarnya sangatlah bermanfaat dan penting untuk pemeliharaan perangkat Android Anda.

Courtney Coleman

Halo Brother, nama gua Courtney Coleman, dan disini gua mau banyak kasih kalian edukasi menarik seputar teknologi dan berita yang lagi booming di dunia. gua udah mencintai hobi ini sejak remaja dan hingga detik ini masih terus gua buat artikel dari sumber terpercaya. ayo simak terus brother.

LAINNYA